Cara Mengisi Token Listrik Gagal Terus

Cara Mengisi Token Listrik Gagal Terus

Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus?

Apakah kamu termasuk pengguna listrik prabayar? Listrik prabayar adalah layanan alternatif dari PLN yang bisa menggantikan listrik pascabayar. Sejak beberapa tahun ke belakang, PLN mengimbau masyarakat untuk beralih ke listrik prabayar karena beragam keunggulan yang ditawarkan. Misalnya, memudahkan kontrol pemakaian daya listrik sehari-hari, lebih irit pengeluaran, serta bebas mengisi pulsa listrik kapan pun dan di mana pun.

Kenapa Token Listrik Gagal?

Kenapa token listrik gagal padahal sudah benar? Berikut beberapa penyebabnya:

  • Kekeliruan saat mengetikkan digit kode token ke MPB (Meter Prabayar).
  • Kesalahan teknis instalasi saat layar MPB memunculkan kata “periksa”.
  • Sistem MPB sedang diperbaiki atau diperbarui dari pusat. Pembaruan dan perbaikan ini bertujuan agar performa kWh MPB milik pelanggan bisa tetap bekerja dengan baik.
  • Pelanggan belum menyelesaikan permohonan, seperti perubahan daya. Artinya, proses permohonan harus dituntaskan terlebih dahulu.

Cara Mengisi Token Listrik Gagal Terus

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran

  • Beli token listrik di tempat tepercaya

Sudah banyak merchant yang menyediakan layanan pembelian token listrik. Namun, pastikan kamu hanya membeli di layanan aplikasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya layanan jual-beli token listrik yang tepercaya adalah Mitra Bukalapak.
Cek kembali nomor ID meter dan token listrik

Untuk mengatasi keteledoran, pastikan untuk memastikan kembali nomor ID meter yang kamu masukkan saat membeli token listrik. Sesuaikan juga nama pelanggan yang muncul dan pastikan itu adalah nama pelanggan kamu. Setelah itu, masukkan token perlahan-lahan ke meteran listrik untuk meminimalkan kesalahan.
Reset meteran listrik

Setelah gagal memasukkan token, kamu bisa mereset meteran listrik terlebih dulu. Caranya dengan menekan angka 00 dan “enter” di meteran listriknya. Tunggu beberapa saat untuk meteran melakukan proses. Setelah itu, cobalah untuk memasukkan nomor token kembali.

  • Mengajukan keluhan ke layanan pelanggan PLN

Jika masalah masih terus berulang, langkah yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi layanan call center PLN. Kamu bisa memilih berbagai channel yang disediakan PLN untuk bisa mengajukan keluhan. Berikut channel yang bisa kamu gunakan untuk mengajukan keluhan ke PLN:

  1. Call center: 123
  2.  Facebook: PLN 123
  3. Twitter: @pln_123
  4. Instagram: @pln123_pln.co.id
  5. Email: pln123@pln.co.id
  6. Aplikasi: PLN Mobile
  7. Website: pln.co.id

Kamu juga bisa datang langsung ke kantor cabang PLN terdekat yang ada di lokasi tempat tinggal. Petugas akan langsung menerima keluhan dan melakukan penanganan dengan cepat.

  • Periksa Kembali Nomor Token yang Dibeli

Kesalahan menginput nomor token listrik paling sering terjadi. Oleh sebab itu, periksa kembali nomor token yang telah dimasukkan sebelum menekan tombol enter pada meteran. Pastikan token yang dimasukkan berjumlah 20 digit. Pasalnya, kesalahan memasukkan nomor token berkali-kali bisa membuat meteran terblokir.

Ada pun saat membeli token listrik, pastikan kamu membeli secara benar dan di tempat terpercaya. Selain online, token listrik juga bisa dibeli secara offline melalui agen. Nah, hindari membeli token pada agen yang tidak terpercaya sehingga memberikan nomor token yang salah.
Cek Limit kWh

Cara mengatasi token listrik gagal selanjutnya adalah mengecek limit kWh pada meteran. PLN telah mengatur batas maksimum jumlah kWh per bulan pada setiap meteran. Maka dari itu, ketika kWh pada meteran listrik kamu sudah mencapai maksimal tidak bisa diisi lagi.

Pastikan kWh pada meteran listrik kamu tidak mencapai maksimal untuk bisa memasukkan token. Adapun untuk mengetahui batas maksimal kWh listrik, kamu bisa menanyakan kepada petugas PLN setempat.

  • Pastikan PLN Tidak dalam Gangguan

Pastikan terlebih dahulu PLN tidak sedang berada dalam gangguan saat ingin memasukkan token listrik. Jika sedang berada dalam gangguan dan perbaikan, sebaiknya tunggu hingga server pulih untuk memasukkan token listrik.

PLN biasanya akan mengimbau pelanggan saat terjadi gangguan kelistrikan. Hal ini disampaikan melalui media sosial serta pesan singkat kepada pelanggan yang terdampak. Gangguan kelistrikan ini juga biasanya membuat listrik di rumah padam setengah atau seluruhnya. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak memasukkan token listrik saat kondisi ini terjadi.

Cara Reset Meteran Listrik

Menghubungi petugas PLN untuk meminta bantuan layanan memang cara paling mudah untuk mengatasi berbagai masalah kelistrikan, termasuk mereset meteran karena token listrik gagal terus.

Tetapi, jika kamu tidak memiliki biaya lebih untuk membayar layanan petugas PLN, maka simak cara meteran listrik prabayar secara manual berikut.

Pastikan Semua Elektronik Dimatikan

Cek dan pastikan semua peralatan elektronik di rumah sebelum mulai mereset meteran listrik. Cabut semua kabel elektronik tersebut sehingga tidak ada listrik yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi aliran listrik dan melindungi elektronik dari kerusakan.

Selain elektronik, pastikan juga semua kabel yang terhubung dengan listrik sudah dicabut agar tidak ada aliran listrik yang mengalir. Termasuk, mematikan lampu-lampu yang ada di rumah.

Masukkan Kode Reset Meteran

Setelah memastikan semua aman, memasukkan kode reset meteran untuk memperbaiki sistem yang salah pada meteran. Langkah pertama matikan meteran dan tunggu selama 15 menit. Kemudian, hidupkan kembali meteran listrik dengan memasukkan kode reset 00. Lalu, meteran sudah siap digunakan kembali dengan kondisi sudah tersetting ulang.

Mudah bukan mereset meteran listrik prabayar di rumah secara mandiri? Meski demikian, banyak orang yang khawatir salah melakukan reset sehingga malah merusak meteran. Nah, jika memang kamu memiliki bujet yang cukup, memang sebaiknya meminta bantuan petugas teknisi PLN agar kerusakan atau masalah pada listrik bisa diketahui dengan pasti.

Demikianlah informasi seputar penyebab serta cara mengatasi token listrik gagal terus saat dimasukkan ke meteran. Jangan panik saat listrik di rumah bermasalah, terutama karena token listrik tidak bisa dimasukkan.
Kamu bisa mengikuti cara-cara di atas untuk bisa mengetahui masalah yang dialami. Adapun, kamu juga perlu memastikan untuk membeli token listrik di gerai-gerai resmi, baik online maupun offline. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk kalian semua pelanggan PLN, ya!

Download Aplikasi GALERIPAY