Mengenal Aplikasi Non Tunai dan Kelebihannya untuk Transaksi

aplikasi-transfer-uang

aplikasi-non-tunai

Saat ini hampir semua proses transaksi pembelian dan penjualan menggunakan aplikasi non tunai. Hadirnya alat pembayaran non tunai memang disambut dengan baik oleh banyak orang yang tidak ingin membawa uang dalam jumlah besar. Jadi tidak heran jika aplikasi-aplikasi untuk pembayaran non tunai mulai banyak bermunculan.

Apa Itu Pembayaran Non Tunai? Berikut Penjelasannya!

Secara garis besar pembayaran non tunai merupakan sebuah proses transaksi yang menggunakan sebuah alat tanpa harus membayar menggunakan uang fisik. Alat-alat yang digunakan untuk kebutuhan transaksi ini bisa berupa kartu kredit, kartu debit, e money, sampai nota debit.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan pendapat bahwa alat pembayaran non tunai atau aplikasi non tunai ini kerap disebut cashless. Dimana alat pembayaran ini menjadi salah satu pembayaran untuk transaksi kecil atau transaksi besar sekalipun. Dimana transaksi ini dilakukan secara digital.

6 Keuntungan Menggunakan Alat Pembayaran Non Tunai

Trend pembayaran dengan menggunakan alat pembayaran non tunai di Indonesia sendiri memang semakin meningkat. Dengan menggunakan alat pembayaran ini maka proses transaksi pun jadi lebih gampang dan pengguna bisa mendapatkan beragam keunggulan di bawah ini.

1. Efisien & Praktis

Untuk keuntungan yang pertama adalah dari segi kepraktisan dan keefisienan ketika digunakan. Degnan menggunakan alat pembayaran non tunai maka tidak harus repot membawa uang dalam jumlah banyak. Sebab transaksi bisa dibayarkan lewat uang elektronik atau dompet digital. Selain membuat praktis juga membuat jadi lebih hemat waktu.

2. Terhindar dari Tindak Kejahatan

Alat pembayaran non tunai ini cocok bagi orang yang khawatir saat membawa uang dalam jumlah banyak. Menggunakan pembayaran seperti m-banking, dompet digital, atau alat pembayaran online lainnya akan tersimpan aman di aplikasi tersebut. Membawa uang dalam jumlah besar bisa mendatangkan tindak kriminalitas.

3. Aman

Jangan khawatir masalah keamanan karena alat pembayaran non tunai ini sudah mempunyai sistem keamanan teruji. Mulai dari serial number atau PIN dan penggunaan nomor OTP. Yang kedua hal tersebut hanya diketahui oleh pemilik alat pembayaran tersebut. Adanya sistem keamanan ini tentunya tidak akan membuat orang lain dengan mudah menggunakan alat pembayaran tersebut secara cuma-cuma.

4. Adanya Riwayat Pengeluaran

Umumnya jika menggunakan pembayaran tunai akan mendapatkan struk sebagai tanda bukti. Terkadang kertas ini bisa terselip atau masuk tong sampah. Jadi tidak bisa membuat pembukuan dengan lebih baik. Namun dengan menggunakan alat pembayaran non tunai maka segala macam transaksi tercatat rapi dan jelas.

5. Banyak Diskon & Promo

Keuntungan lain yang akan didapatkan oleh pengguna alat pembayaran non tunai adalah bisa mendapatkan banyak promo & diskon. Saat ini pun sudah banyak merchant-merchant atau toko yang melakukan kerja sama dengan layanan pembayaran non tunai seperti e wallet. Dengan menggunakan e wallet tertentu nantinya bisa mendapatkan potongan harga atau cashback saat melakukan transaksi.

6. Dimana Saja Bisa Dilakukan

Hadirnya layanan pembayaran non tunai ini tentunya akan sangat membantu bagi orang dengan mobilitas tinggi dan padat. Menggunakan pembayaran non tunai artinya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Baik ketika ingin membayar tagihan listrik, air, internet, pulsa & paket internet, dan masih banyak lainnya. Dengan layanan pembayaran ini maka tidak harus antre atau berdesak-desakan saat ingin melakukan pembayaran.

Nah itulah beberapa hal mengenai apa itu aplikasi non tunai dan keuntungan yang didapatkan jika menggunakannya. Salah satu alat pembayaran yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan pembayaran adalah aplikasi Galeri Multi Payment. Bahkan aplikasi ini bisa dijadikan mitra untuk penjualan produk digital dan lainnya.

Download Aplikasi GMP Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?