Web Top Up Murah

Mengenal Apa Itu Aplikasi E Payment

by

in

Aplikasi e payment – Di era serba modern seperti sekarang ini masih cukup banyak yang belum tahu apa itu e payment. E payment sendiri bisa diartikan sebagai sebuah sistem pembayaran yang mengandalkan fasilitas internet untuk perantara transfer tersebut. Biasanya, e payment diterapkan pada perusahaan start up yang memberikan fasilitas keamanan transaksi berbelanja online atau e-commerce pada penjual dan pembeli. Perusahaan start up, dengan e payment sudah melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga perbankan untuk membuat e payment. Tujuannya supaya transaksi aman, cepat dan praktis tentunya.

Manfaat Menggunakan Aplikasi E Payment

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh penjual atau pembeli saat menggunakan aplikasi e payment. Diantaranya seperti berikut ini;

  1. Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan internet, Anda nantinya hanya membutuhkan sinyal kuat untuk transaksi. Jadi tidak harus keluar dari rumah jika ingin mengirimkan tagihan. Bahkan, Anda hanya perlu menunggu di rumah untuk menerima pembayaran.

  1. Fleksibel

Sistem e payment membuat transaksi tanpa mengenal batas waktu. Yang artinya bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat hari libur sekalipun. Selain itu juga bisa dilakukan dari mana saja. Entah itu di rumah, di kantor, di kamar mandi, atau tempat mana saja yang masih terjangkau internet.

  1. Jaminan Keamanan Transaksi

Yang menjadi alasan utama mengapa pemilik bisnis atau customer lebih memilih menggunakan e payment. Yakni dari segi jaminan keamanan transaksi. Sistem pembayaran ini biasanya memakai sistem pendeteksi fraud. Jadi tidak akan terjadi pencurian atau penipuan. Semisalnya ada transaksi mencurigakan, sistem akan memberikan notifikasi pada pengguna. Di sepersekian detik, sistem akan melakukan blokir, jadi keamanan transaksi pengguna akan terjaga.

  1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Response, keamanan, serta kemudahan yang ditawarkan akan membawa jenjang lebih tinggi, yakni rasa nyaman. Jika Anda sebagai pelaku UMKM bisa memberikan pelayanan terbaik, maka akan muncul loyalitas. Saat loyalitas pelanggan menguat, maka akan terjadi peningkatan penjualan produk. Hal ini tentunya akan membuat Anda sebagai pelaku UMKM mendapatkan keuntungan melimpah.

Keunggulan Menggunakan E Payment

Selain memberikan banyak manfaat, aplikasi e payment juga memberikan keunggulannya saat dipakai. Seperti dibawah ini;

  1. Biaya yang Terkontrol

Banyak pengguna yang terbantu dengan hadirnya e payment. Contohnya adalah bisa mengontrol biaya yang harus dikeluarkan untuk belanja. Saat membawa uang tunai, pastinya keinginan untuk berbelanja akan semakin meningkat. Oleh sebab itulah, dengan pembayaran elektronik maka bisa sedikit membantu membatasi pengeluaran.

  1. Pembayaran Lebih Mudah

Tentunya pernah melihat banyak orang berbondong pindah dari satu layanan ke layanan lain. Bisa jadi Anda merupakan salah satu diantara mereka. Alasan mereka berpindah adalah karena kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan dari layanan tersebut. Pembayaran elektronik yang seperti sekarang ini mempunyai kecepatan, bisa menyelesaikan transaksi dengan mudah.

  1. Pengurangan Risiko

Saat semua beralih ke layanan online, maka yang harus diperhatikan adalah mengelola keamanannya. E payment terbukti bisa mengatur semuanya. Segala bentuk penipuan atau pencurian akan diketahui sistem. Yang mana hal ini tidak bisa dilakukan oleh layanan offline. Sistem pembayaran elektronik bisa mendeteksi lebih cepat. Jadi pengguna bisa melakukan identifikasi apakah transaksi benar sah atau tidak.

Nah itulah hal-hal mengenai e payment, mulai dari pengertian, manfaat dan keunggulannya. Untuk aplikasi e payment sendiri contohnya DANA, M-Banking, Gopay, OVO, dan masih banyak lainnya. Tiap-tiap aplikasi pembayaran elektronik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana Anda memilih sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Download Aplikasi GALERIPAY