Cara Hemat Paket Data Nasional Agar Tidak Boros

stok-pulsa-murah

Paket data nasional – Apakah kamu termasuk orang yang boros dengan pemakaian kuota? Akan lebih baik jika mulai dari sekarang bisa mengurangi pemborosan kuota. Semakin kamu terus menggunakan smartphone dalam keseharian, hal ini tentunya tidak baik. Terlebih lagi jika hanya untuk scrolling hal yang kurang bermanfaat. Kamu harus bisa membuat pertimbangan kebutuhan paket data mana untuk keperluan penting sampai tidak penting. Jika kamu seorang staff karyawan dan diharuskan untuk WFH, maka pastikan bahwa paket data tersebut cukup untuk bekerja di rumah selama beberapa hari.

6 Tips Menghemat Paket Data Nasional

Untuk kamu yang masih menggunakan jaringan internet dengan paket data dalam ponsel. Maka ada baiknya untuk tidak asal membuka website dan aplikasi lain. Nah berikut ini ada beberapa tips penting yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat paket data.

  1. Mematikan Fitur Auto Download

Di dalam ponsel, ada beberapa fitur yang menjalankan fitur auto download. Diantaranya foto dan video di aplikasi chatting, serta email. Apabila ingin menghemat kuota, ada baiknya untuk mematikan fitur tersebut. Nantinya memang harus sering membuka aplikasi untuk refresh supaya mendapatkan berita terbaru. Tetapi hal ini setidaknya akan membantu dalam menghemat pemakaian kuota internet pada ponsel.

  1. Mengatur Jadwal Auto Update Apps

Apabila kamu mengaktifkan fitur auto update aplikasi di dalam Play Store atau App Store. Jangan heran jika paket data nasional akan cepat habis nantinya. Oleh sebab itulah, kamu bisa membuat jadwal setting auto update app di bagian Setting atau pengaturan supaya bisa hemat dalam pemakaian kuota nantinya. Bayangkan jika ada 10 aplikasi yang update secara otomatis pada hari sama. Tentunya hal ini akan membuat paket data jadi cepat boros.

  1. Membatasi Pemakaian Data

Cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat paket data adalah membatasi pemakaian kuota internet. Kamu bisa membuat batasan ini dengan masuk ke sistem setting di tiap aplikasi yang tersambung dengan internet dan menyedot kuota. Lalu masuk ke menu Settings > Back Up & Sync. Di sana nantinya kamu akan melihat informasi setting data usage dan lainnya.

  1. Jangan Terus Menyalakan Location

Banyak orang tidak sadar bahwa ponsel yang dibawa terus menyalakan fitur Location. Ini biasa terjadi karena baru membuka aplikasi yang memang mengharuskan untuk menyalakan Location. Saat sudah tidak dipakai, mereka lupa mematikan fitur ini. Kesadaran mematikan ini memang tidak bisa selamanya muncul. Sebab kadang dimatikan, kadang dihidupkan. Akan lebih baik jika bisa tidak terus menerus menyalakan Location supaya jadi lebih hemat paket data nasional.

  1. Menghindari Streaming Video

Selain beberapa cara diatas, ada baiknya jika bisa menghindari streaming video jika ingin hemat kuota internet. Ini menjadi salah satu cara ampuh supaya bisa hemat sepanjang waktu. Jika memang masih ada kuota, maka bisa mengunduh video terlebih. Menonton dengan cara ini akan lebih baik dibandingkan dengan streaming berjam-jam.

  1. Mematikan Koneksi Internet Jika Tidak Dipakai

Terakhir adalah dengan mematikan koneksi internet apabila sudah tidak dipakai lagi. Koneksi internet di ponsel akan terus berjalan selama tidak dimatikan. Jadi meskipun tidak dipakai, kuota internet akan pelan-pelan habis. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika mematikan koneksi internet saat sudah tidak dipakai. Terlebih di saat malam hari ketika ditinggal tidur, pada saat ini adalah waktu terbaik untuk mematikan koneksi internet.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menghemat paket data nasional supaya tidak banyak tersedot. Untuk kamu yang membutuhkan paket data dan penghasilan lebih maka aplikasi Galeri Multi Pay menjadi pilihan terbaik untuk.

Download Aplikasi GMP Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?