Solusi Token Listrik Gagal Terus

Masalah token listrik gagal terus saat dimasukkan ke meteran kerap dialami banyak pengguna listrik prabayar. Meski terkadang alasannya karena salah nomor token, namun tak jarang yang sudah memasukkan dengan benar tetapi tetap gagal. Sejak tahun 2008, PLN telah memperkenalkan layanan listrik prabayar dengan menggunakan pengisian token listrik. Meskipun sudah cukup lama digunakan, kegagalan dalam mengisi token listrik masih sering kali jumpai, khususnya dialami oleh para pelanggan baru. Nah, biar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menyimak terus ulasan tentang cara mengatasi token listrik yang gagal diisi di bawah ini.

Solusi Token Listrik Gagal Terus

Cara Mengatasi Token Listrik yang Gagal Saat Diisi Ulang

Token listrik sebenarnya merupakan metode yang cukup umum digunakan sebagai pembayaran listrik. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin mengisi token listrik agar tidak mengalamai gagal isi.

Cek ulang nomor token

Kesalahan umum yang sering terjadi yang bisa mengakibatkan gagal isi ulang adalah salah input nomor token. Dua puluh digit nomor token memang bukan hal yang mudah untuk diinput. Oleh karena itu, kamu harus memastikan nomor yang diinput telah benar-benar sesuai. Hal ini perlu dilakukan agar menghindari gagal isi atau bahkan risiko MPB terblokir karena salah input kode token tiga kali berturut-turut.

Periksa limit kWh

Pada saat pemasangan MPB, PLN telah mengatur batas maksimum kWh per bulannya. Jika MPB-nya telah mencapai batas maksimum yang telah ditentukan, input token listrik pun akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui limit kWh kepada petugas PLN agar situasi ini bisa dihindari.

Cek Jaringan server PLN

Selain dua penyebab di atas, kondisi jaringan server PLN yang mengalami gangguan juga bisa menyebabkan gagal isi token listrik. Gangguan ini bisa disebabkan koneksi yang tidak stabil atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem oleh PLN. Saat situasi ini terjadi, kamu hanya bisa menunggu sampai jaringan server PLN pulih dan bisa digunakan.

Saat ingin mengisi token listrik, pastikan terlebih dahulu jaringan server ini dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan. Normalnya, PLN akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu jika server sedang ada gangguan atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem.

Perhatikan kondisi instalasi listrik

Kondisi instalasi listrik juga perlu diperhatikan saat ingin mengisi token listrik. Instalasi listrik yang kurang baik atau ada gangguan bisa membuat gagal isi ulang. Jangan memaksakan menginput kode token saat situasi ini terjadi karena bisa menyebabkan korsleting listrik.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi MPB-nya. Jika terdapat pesan “Blocked” atau lambang telapak tangan, artinya mesin MPB dalam kondisi rusak dan tidak bisa diisi dengan kode token.

Hubungi CS PLN

Jika cara di atas telah dilakukan dan token tetap gagal terisi, segera hubungi customer service PLN melalui nomor 123. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi saluran lainnya melalui media sosial resmi PLN atau melalui aplikasi PLN Mobile. Hindari risiko kerusakan lebih jauh untuk menghindari korsleting listrik. 

Laporkan Melalui Aplikasi PLN Mobile

Jika cara pertama masih gagal dilakukan, maka Anda dapat melaporkan masalah token listrik yang gagal melalui PLN Mobile. Fitur Auto Dispatch pada aplikasi ini memungkinkan penerusan laporan langsung ke petugas terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi PLN Mobile.
  • Pada halaman utama, klik menu “Pengaduan”.
  • Pilih jenis pengaduan.
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meter pada kolom yang tersedia. Apabila Anda tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui maps yang telah disediakan.
  • Selanjutnya, klik “Lanjutkan”.
  • Tulis deskripsi laporan secara lengkap dan lampirkan bukti foto kendala. Pilih “Kirim Pengaduan”.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, laporan akan diteruskan ke petugas PLN terkait. Anda dapat melacak status penanganan laporan di aplikasi.

Server PLN dalam Gangguan

PLN selaku jasa penyedia listrik kerap mengalami masalah kelistrikan dan melakukan perbaikan. Hal yang jarang diketahui pelanggan, pada saat server PLN sedang eror maka token listrik gagal dimasukkan secara otomatis.

Salah Input Token

Perlu diketahui, token listrik terdiri dari 20 digit nomor bervariasi yang berbeda setiap pembelian dan hanya bisa digunakan satu kali pemakaian. Seringkali memasukkan token listrik gagal terus karena kamu keliru menginput nomor tokennya.

Jumlah Meteran Listrik Mencapai Maksimal

Selain salah input nomor token, token listrik gagal dimasukkan juga bisa disebabkan karena jumlah kWh pada meteran listrik sudah mencapai batas maksimal. Pasalnya, dalam satu bulan ada batas maksimal kWh, sehingga jika sudah melebihi token listrik gagal terus saat dimasukkan.

Salah Nomor Pelanggan atau Meter

Setiap meteran memiliki nomor atau ID meter berbeda yang juga sering disebut nomor pelanggan. Saat dicek, nomor tersebut akan berisi identitas pemilik tempat tinggal listrik prabayar. Oleh sebab itu, tidak bisa terjadi kecurangan dalam penggunaan listrik prabayar.

Ketika terus menerus token listrik gagal dimasukkan, sebaiknya pastikan token yang dibeli sudah sesuai dengan nomor meter yang diinput.

Kesalahan Instalasi Listrik

Adanya kesalahan pada pemasangan instalasi listrik juga bisa menyebabkan token listrik gagal terus saat dimasukkan ke meteran. Jika penyebabnya adalah hal ini, maka kamu perlu bantuan teknisi PLN untuk mengecek kerusakan dan memperbaikinya segera.

Ada Masalah pada Meteran Listrik

Sebagai informasi, listrik prabayar yang mengalami masalah biasanya menunjukkan beberapa tanda pada meteran dengan tulisan, seperti periksa, cancel, blocked, bahkan sampai listrik padam secara tiba-tiba. Saat mengalami masalah seperti ini juga bisa menjadi penyebab token listrik gagal dimasukkan. Sama dengan masalah sebelumnya, solusinya adalah meminta bantuan pihak PLN untuk memperbaiki.

Itulah beberapa penyebab yang membuat token listrik gagal terus menerus saat dimasukkan ke meteran. Kamu perlu memastikan masalah mana yang terjadi untuk menentukan solusi yang tepat.

Cara Reset Meteran Listrik

Menghubungi petugas PLN untuk meminta bantuan layanan memang cara paling mudah untuk mengatasi berbagai masalah kelistrikan, termasuk mereset meteran karena token listrik gagal terus.

Tetapi, jika kamu tidak memiliki biaya lebih untuk membayar layanan petugas PLN, maka simak cara meteran listrik prabayar secara manual berikut.

Pastikan Semua Elektronik Dimatikan

Cek dan pastikan semua peralatan elektronik di rumah sebelum mulai mereset meteran listrik. Cabut semua kabel elektronik tersebut sehingga tidak ada listrik yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi aliran listrik dan melindungi elektronik dari kerusakan.

Selain elektronik, pastikan juga semua kabel yang terhubung dengan listrik sudah dicabut agar tidak ada aliran listrik yang mengalir. Termasuk, mematikan lampu-lampu yang ada di rumah.

Masukkan Kode Reset Meteran

Setelah memastikan semua aman, memasukkan kode reset meteran untuk memperbaiki sistem yang salah pada meteran. Langkah pertama matikan meteran dan tunggu selama 15 menit. Kemudian, hidupkan kembali meteran listrik dengan memasukkan kode reset 00. Lalu, meteran sudah siap digunakan kembali dengan kondisi sudah tersetting ulang.

Mudah bukan mereset meteran listrik prabayar di rumah secara mandiri? Meski demikian, banyak orang yang khawatir salah melakukan reset sehingga malah merusak meteran. Nah, jika memang kamu memiliki bujet yang cukup, memang sebaiknya meminta bantuan petugas teknisi PLN agar kerusakan atau masalah pada listrik bisa diketahui dengan pasti.

Demikianlah informasi seputar penyebab serta cara mengatasi token listrik gagal terus saat dimasukkan ke meteran. Jangan panik saat listrik di rumah bermasalah, terutama karena token listrik tidak bisa dimasukkan.

Kamu bisa mengikuti cara-cara di atas untuk bisa mengetahui masalah yang dialami. Adapun, kamu juga perlu memastikan untuk membeli token listrik di gerai-gerai resmi, baik online maupun offline. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk kalian semua pelanggan PLN, ya!

Download Aplikasi GALERIPAY