Cek Tagihan Listrik

Cek Tagihan Listrik Kuningan

Sebagai aplikasi pembayaran terlengkap di Indonesia, GMP bisa Anda gunakan untuk cek tagihan listrik PLN secara online. Selain itu, GMP juga menyediakan beragam pilihan pembayaran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Cara mengecek tagihan listrik PLN serta pembayarannya pun bisa dilakukan secara online melalui aplikasi, caranya cukup mudah.

Daftar Lengkap Cara Cek Tagihan Listrik Kuningan

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Pascabayar Online di GMP

Untuk dapat cek tagihan listrik di GMP sangat simpel dan mudah untuk dilakukan dan bisa kamu ikuti instruksinya sebagai berikut :

  • Masukkan no id pelanggan dan no hp kamu di kolom Tagihan Listrik.
  • Kemudian klik lihat tagihan.
  • Tagihan listrik kamu akan tampil dan lanjutkan pembayaran jika kamu akan membayar tagihan listrik di aplikasi GMP.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Prabayar Online di GMP

  • Masukkan no id pelanggan dan no hp kamu di kolom paling atas di halaman ini di kolom Token Listrik.
  • Pilih jumlah token yang diinginkan, nominal terkecil adalah 20.000 dan maksimal 1.000.000.
  • Selanjutnya tinggal ikuti instruksi pembayarannya.

Mau Cek & Bayar Tagihan Listrik?? di GMP AJA

Layanan Gratis 100% & Aplikasi Mudah Di Gunakan

Ada Diskon Langsung di Setiap Transaksi Anda

Promo Terbatas

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )

Klik-Disini-pesan-sekarang

 

Cek Tagihan Listrik PLN Online via Aplikasi PLN Mobile

Cara untuk cek tagihan listrik melalui PLN Mobile cukup mudah, lengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile.
  • Buka aplikasi PLN Mobile di ponsel Anda.
  • Pilih menu Informasi pada tab menu.
  • Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda.
  • Klik Cari.
  • Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

Cek Tagihan Listrik PLN via Email PLN

Anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan mengenai tagihan listrik lewat email. Untuk mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik, Anda terlebih dahulu harus terdaftar di e-billing PLN. Dulu caranya bisa langsung daftar pada website. Namun, karena ada perubahan antarmuka laman resmi PLN tersebut, Anda bisa menanyakan hal tersebut via email di pln123@pln.co.id atau lewat akun media sosial resmi PLN, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123.

Cek Tagihan Listrik PLN via Telepon

Berikutnya cara cek tagihan listrik adalah dengan melakukan panggilan telepon. Cara ini terbilang mudah, Anda tinggal menghubungi customer service PLN dan menanyakan perihal tagihan listrik. Lakukan panggilan ke call centre PLN di 123, jangan lupa juga untuk mencantumkan kode area. Misalnya, Jakarta, berarti telepon ke (021)-123.

Kemudian, ikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ke call center PLN, dikenakan tarif telepon normal. Cara ini bisa Anda lakukan kapanpun karena call center PLN siap sedia 24 jam.

Cek Tagihan Listrik PLN via SMS

Selain lewat telepon, Anda juga bisa cek tagihan listrik via SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini. Pertama cek tagihan pada kurun waktu 1 bulan. Kedua cek tagihan secara continue. Artinya, Anda akan berlangganan setiap bulannya untuk mendapat informasi tagihan listrik. Ringkasnya caranya adalah sebagai berikut.

Cara Cek Tagihan Listrik per Bulan:

  • Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 8990987689 kirim ke 8123.
  • Cara Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:
  • Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

Cara Berhenti Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:

  • Selain mendaftar, Anda juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.
  • Misalnya, PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.
  • Catatan: Untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

Mau Cek & Bayar Tagihan Listrik?? di GMP AJA

Layanan Gratis 100% & Aplikasi Mudah Di Gunakan

Ada Diskon Langsung di Setiap Transaksi Anda

Promo Terbatas

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )

Klik-Disini-pesan-sekarang

 

Perbedaan Layanan PLN Prabayar dan Pascabayar

Bagi Anda yang belum tahu, PLN memiliki dua jenis langganan layanan listrik yang berbeda. Kedua jenis langganan layanan listrik PLN tersebut adalah pasca bayar dan prabayar. Sesuai dengan namanya, kedua jenis langganan layanan PLN ini memiliki sistem pembayaran yang berbeda.

PLN Listrik Pascabayar

PLN listrik pascabayar adalah sistem pembayaran listrik setelah menggunakan fasilitas listrik selama 1 bulan. Sebagai jenis layanan yang lebih dulu ditawarkan oleh PLN, sistem pembayaran pascabayar adalah jenis layanan yang dimiliki oleh mayoritas pelanggan PLN. Istilah simpelnya, pakai dulu baru bayar. Saat memiliki jenis langganan pasca bayar, pelanggan PLN diharuskan untuk membayar tagihan listrik di akhir bulan sesuai dengan penggunaan listrik selama satu bulan tersebut.

Sistem instalasi listrik ini lebih dulu hadir dibandingkan sistem prabayar. Sistem listrik pascabayar inilah yang bisa dilihat tagihannya, sedangkan prabayar tidak.

PLN Listrik Prabayar

PLN listrik prabayar adalah sistem pembayaran listrik dengan pulsa atau token. Mirip seperti isi pulsa pada handphone, setiap nominal pulsa yang tertera pada meteran listrik sudah mau habis, segera isi pulsanya. Berbeda dengan sistem pasca bayar, pengguna PLN dengan sistem prabayar diharuskan untuk membeli token listrik terlebih dahulu sebelum dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh PLN. Karena sifatnya yang lebih praktis dalam menjaga pengeluaran agar tetap terjaga, tak sedikit pelanggan PLN pasca bayar yang beralih ke sistem prabayar. Dengan begitu, pengeluaran bulanan mereka akan lebih mudah terjaga.

Cara Hitung Tagihan Listrik PLN Kuningan

Meski telah mengenalkan sistem pembayaran yang baru yakni berupa token listrik atau sistem prabayar, kebanyakan pelanggan layanan PLN menganut sistem pembayaran pasca bayar. Sesuai dengan namanya, sistem pembayaran pasca bayar mengharuskan pelanggan untuk melunasi tagihan listrik sesuai dengan penggunaannya selama satu bulan.

Tentunya, dalam menghitung tagihan PLN, Anda perlu memahami segala perabotan elektrik yang digunakan di dalam rumah. Dengan mengetahui seluruh daya yang dibutuhkan untuk peralatan elektronik tersebut, barulah Anda dapat memperkirakan tagihan listrik yang harus dibayarkan nantinya.

Golongan listrik yang dipilih juga berpengaruh besar dalam penghitungan tarif listrik yang akan Anda terima. Umumnya, semakin besar daya listrik yang Anda pasang, makin besar pula biaya per kWH-nya.

Setelah semua informasi perabotan listrik serta daya yang digunakan Anda miliki, barulah Anda dapat menghitung tagihan listrik. Jika seluruh daya listrik yang dikonsumsi di rumah per hari adalah 16.500 watt dengan tarif per kWH 1400, maka tagihan listrik yang harus Anda bayarkan nanti adalah: 16.5 X 1400 X 30 hari = 693.000 Rupiah.

Mengapa Harus Cek Tagihan Listrik Kuningan di GMP?

Cek tagihan listrik tiap bulan atau bahkan tiap minggu adalah suatu keharusan bagi pelanggan listrik pascabayar, jika tidak maka kemungkinan tagihan listrik bisa membengkak dan ada beberapa pelanggan yang komplain karena tagihan yang mahal.

Cek tagihan listrik kamu sekarang juga karena kemudahan dan kecanggihan teknologi memudahkan kamu melakukan cek dan juga bayar listrik. Selain itu tidak perlu melakukan antrian di kantor cabang PLN Kuningan.

Mau Cek & Bayar Tagihan Listrik?? di GMP AJA

Layanan Gratis 100% & Aplikasi Mudah Di Gunakan

Ada Diskon Langsung di Setiap Transaksi Anda

Promo Terbatas

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )

Klik-Disini-pesan-sekarang

 

Download Aplikasi GALERIPAY