Cara Cek Tagihan PLN Online Dan Cara Pembayarannya

tagihan-pln-online

Listrik merupakan sebuah kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk kebutuhan penerangan saja tetapi juga hal lainnya, seperti memasak, belajar, mencari hiburan, bekerja dan sebagainya. Dengan banyaknya penggunaan listrik tentu kita akan dikenakan tagihan setiap bulannya sesuai dengan jumlah yang telah kita gunakan. Saat ini kamu dapat melakukan pengecekan jumlah tagihan PLN online sekaligus membayarnya.

Tagihan harus segera dibayarkan sebelum melebihi batas waktu yang telat ditetapkan. Jika tidak maka akan dikenakan denda keterlambatan. Tentunya hal seperti ini tidak pernah diharapkan oleh siapapun. Dengan melakukan pengecekan serta pembayaran secara online dapat menghindarkan kamu dari kejadian seperti ini.

Cara Cek Tagihan PLN Online

 Di era serba online saat ini kamu tidak perlu lagi bingung untuk mengecek berapa tagihan listrik yang dikenakan pada satu bulanan belakangan. Cukup dengan menggunakan beberapa cara dibawah ini:

1. Cek via SMS

Cara pertama yaitu melalui SMS. Cukup dengan kirimkan sesuai format dan kirim ke 8123. Langkah-langkahnya ialah pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup, kemudian buka aplikasi pesan pada ponsel ketikan REK NO ID pelanggan dan kirim ke 8123. Sebagai contohnya, yaitu REK 123456789. Setelah berhasil mengirimkan pesan, silakan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasannya. 

Selain itu kamu juga dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan yang memungkinkan untuk mendapatkan informasi tagihan listrik setiap bulan secara otomatis. Caranya dengan mengirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan kemudian kirim ke 8123. Contohnya: PLN ON 123456789 kirim ke 8123.

2. Cek Via Website

Cara cek tagihan PLN online selanjutnya melalui situs website resmi PLN. Langkah-langkahnya yaitu pertama kunjungi laman resmi dari website PLN atau http: //web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik. Kemudian daftarkan akun terlebih dahulu jika belum terdaftar. Apabila sudah terdaftar kamu dapat login dengan memasukkan email dan password yang telah terdaftar. Setelah berhasil masuk maka sistem akan menampilkan informasi terkait dengan tagihan dan riwayat pembayaran.

3. Cek via aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile disediakan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengecek tagihan dan juga membayarnya. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengajukan penaikan daya, pemasangan baru dan juga perbaikan.

4. Cek via call senter

Cara yang keempat adalah dengan menghubungi call center di nomor 123. Jika sudah terhubung silakan untuk mengikuti instruksi yang diberikan hingga sampai pada cek tagihan listrik. Pelanggan akan diminta untuk menyebutkan ID pelanggan untuk validasi data. Setelah itu operator call center PLN akan menyebutkan jumlah tagihan listrik yang dikenakan.

5. Cek via aplikasi m-banking

Aplikasi m-banking merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh pihak bank untuk mempermudah pelayanan terhadap nasabahnya. Namun aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satunya untuk membayar tagihan PLN online. Sebelum membayarnya kamu dapat melakukan cek terlebih dahulu untuk mengetahui berapa jumlah yang harus dibayarkan.

6. Cek via email

Cara lain yang dapat kamu gunakan adalah cek melalui email. Untuk mendapatkan email berupa e billing yang berisi tagihan kamu harus terdaftar lebih dulu. Untuk caranya kamu dapat mengirimkan email ke pln123@pln.co.id.

Kamu dapat memilih salah satu cara diatas untuk mengetahui jumlah tagihan PLN online tanpa harus repot-repot datang ke kantor PLN.

Cara Pembayaran Tagihan Listrik

Setelah mengetahui beberapa cara cek tagihan secara online, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara pembayarannya secara online. Berikut ini beberapa cara yang patut kamu coba:

  • Dengan menggunakan aplikasi m-banking

Kita sudah membahas bahwa aplikasi ini bukannya hanya untuk media transfer uang. Tetapi juga dapat digunakan untuk melihat dan membayar tagihan listrik PLN. Nantinya saldo akan di potong sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan serta ditambah dengan biaya admin yang dikenakan. Besarannya tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Caranya buka aplikasi m-banking yang kamu miliki kemudian pilih layanan listrik, lalu pilih tagihan listrik. Masukkan ID pelanggan, setelah itu sistem akan menampilkan tagihan yang harus dibayarkan, kemudian kamu dapat membayarnya.

  • Menggunakan aplikasi e-wallet

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan transaksi pembayaran termasuk bayar tagihan PLN online. Kamu dapat memanfaatkan promo dan diskon yang tersedia untuk mendapatkan harga murah. Caranya hampir sama dengan aplikasi m-banking, hanya saja instruksinya yang berbeda.

  • Menggunakan aplikasi e-commerce

Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi jual beli secara online. Namun dengan perkembangan yang ada saat ini kamu dapat menggunakannya untuk membayar tagihan dan juga membeli token listrik. Kamu juga dapat memanfaatkan voucher yang tersedia untuk mendapatkan diskon atau casback.

  • Menggunakan PLN Mobile

Kita sudah singgung diawal bahwa selain dapat digunakan untuk mengecek jumlah tagihan juga dapat digunakan untuk membayar tagihan. Setelah mengikuti instruksi yang diberikan kamu akan sampai ke tahap pembayaran. Pada pembayaran ini kamu dapat memilih salah satu metode yang disediakan. Kemudian kamu dapat membayarnya dengan mudah.

Selain menggunakan aplikasi diatas untuk bayar tagihan PLN online, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Galeri Pay. Sebuah aplikasi untuk segala pembayaran termasuk tagihan listrik dengan harga lebih murah. Banyak pilihan produk yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan.

Download Aplikasi GMP Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?