Cara Bayar Listrik Online Tanpa Harus Ke Kantor PLN

bayar-listrik-online

Listrik merupakan sebuah kebutuhan utama dalam kehidupan. Banyak hal yang kita lakukan harus menggunakan listrik. Baik untuk kebutuhan rumah tangga, pekerjaan, fasilitas umum atau sebagainya. Dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat, cara pembayaran listrik juga semakin beragam. Bahkan saat ini kamu dapat membayarnya secara online. Bayar listrik online tentunya akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan yang dapat kamu rasakan.

Saat ini terdapat dua jenis pelayanan listrik PLN, yaitu listrik pascabayar dan prabayar. Semua menawarkan kelebihannya masing-masing. Listrik pascabayar merupakan layanan kelistrikan yang diberikan oleh PLN dengan prinsip membayar setelah menggunakan. Sedangkan listrik prabayar menggunakan sistem token pulsa. Kamu baru dapat menggunakan layanan kelistrikan setelah membeli sejumlah token. Untuk jumlahnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Bayar Listrik Online

Sudah kita bahas sedikit sebelumnya bahwa saat ini kita dapat membayarkan tagihan listrik secara online. Sehingga tidak perlu lagi susah-sudah datang dan mengantri di kantor PLN. Berikut ini beberapa yang dapat kamu coba:

1. Menggunakan aplikasi PLN mobile

Aplikasi ini merupakan sebuah bentuk layanan dari PLN untuk mempermudah pelayanan terhadap pelanggan. Dengan PLn mobile kamu bukan hanya dapat membayar tagihan atau membeli token pulsa namun juga dapat menggunakannya untuk keperluan lain. Seperti pemasangan baru, ubah daya atau penyambungan sementara. Selain itu juga terdapat fitur seperti layanan untuk internet, perbaikan instalasi dan mengetahui lokasi SPKLU.

2. Menggunakan mobile banking

Cara kedua kamu dapat menggunakan aplikasi mobile banking untuk bayar listrik online. Baik membayar tagihan maupun membeli token listrik. Hampir semua bank di Indonesia menyediakan aplikasi ini untuk mempermudah berbagai transaksi bagi para nasabahnya. Tidak terkecuali dengan membayar listrik PLN. 

3. Menggunakan aplikasi e-wallet

E-wallet merupakan sebuah aplikasi dompet digital yang memiliki banyak fitur. Salah satunya yaitu membayar tagihan atau membeli token listrik. Menggunakan aplikasi ini terbilang sangat mudah. Karena hanya perlu memastikan saldo dan jaringan internet dalam keadaan baik, maka transaksi dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu tidak membutuhkan waktu yang lama. 

4. Membeli di kounter pulsa terdekat

Cara selanjutnya dengan membeli atau membayar di kounter pulsa terdekat. Mungkin ini akan sedikit lebih ribet dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Karena kamu harus keluar rumah untuk menuju kounter pulsa. Namun hal ini cukup efektif jika kamu tidak memiliki salah satu aplikasi diatas. 

Beberapa cara diatas cukup efektif dan efisien untuk bayar listrik online. Selain itu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi dan juga tidak membuang waktu lebih lama. Karena hanya menggunakan ponsel saja kebutuhan akan membayar listrik terselesaikan. 

Jenis-jenis Pelayanan Listrik dan Kelebihannya

Sudah kita singgung diawal bahwa terdapat 2 jenis layanan listrik PLN, yaitu pascabayar dan prabayar. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Kelebihan listrik pascabayar

Layanan listrik pascabayar merupakan layanan yang menggunakan prinsip menggunakan lalu membayar. Artinya kamu akan mendapatkan sejumlah tagihan sesuai dengan jumlah kWh yang kamu gunakan. Penggunaan jenis pascabayar tentunya memiliki kelebihan tersendiri, yaitu:

  • Tidak ada batasan pemakaian

Dengan penggunaan diawal dan pembayaran diakhir menjadikan layanan ini tidak memiliki jumlah batasan yang kamu gunakan. Kamu juga tidak perlu khawatir sewaktu-waktu listrik mati karena kehabisan token, karena sifatnya yang unlimited. Kamu hanya perlu bayar listrik online sesuai tagihan yang diberikan.

  • Tidak perlu melakukan isi ulang

Dengan penggunaan listrik pascabayar tentu kamu tidak perlu sibuk melakukan isi ulang token listrik. Hanya perlu membayar tagihan setiap bulannya.

  • kWh meter lebih tahan lama

Karena penghitungannya masih menggunakan cara manual tentu membuat kWh meter lebih awet dan tahan lama.

  • Tidak akan padam kecuali ada gangguan

Dengan penggunaan listrik pascabayar kamu tidak perkhawatir listrik akan padam karena kehabisan token. Kemungkinan listrik padam hanya karena ada gangguan pada sistem kelistrikan PLN.

Kelebihan listrik prabayar

Sesuai dengan namanya, penggunaan listrik ini harus membayar dulu baru dapat menggunakannya. Kamu dapat bayar listrik online prabayar ini menggunakan semua cara yang sudah kita bahas sebelumnya. Berikut ini kelebihan yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan layanan listrik prabayar:

  • Tidak ada denda keterlambatan

Ketika menggunakan listrik pascabayar kamu akan dikenakan denda ketika terlambat membayar tagihan. Namun dengan layanan prabayar kamu tidak perlu khawatir akan hal ini. Karena pembayaran disesuaikan dengan waktu yang kamu miliki. 

  • Jumlah pembelian token dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Tidak seperti listrik pascabayar yang memberikan tagihan pada akhir bulan yang dapat mengagetkan. Menggunakan layanan listrik prabayar dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang kamu miliki. Terdapat pilihan isi ulang mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 1.000.000,- sehingga sangat fleksible dengan kondisi keuangan yang kamu miliki.

  • Jaringan layanan pembelian token yang luas

Sudah kita jelaskan bahwa kita dapat membeli token secara online dimana saja, baik menggunakan smartphone maupun di kounter terdekat. Hal ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki layanan listrik prabayar.

Melalui aplikasi Galeri Pay kamu dapat bayar listrik online prabayar maupun pascabayar dengan harga yang lebih ekonimis. Bahkan kamu dapat menjadi mitra untuk memulai sebuah bisnis. Kami menyediakan banyak produk bukan hanya token listrik, namun juga pulsa dan paket data, voucher game, berbagai tagihan dan banyak lagi.

Download Aplikasi GMP Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?