Apa Itu Ewallet

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat dituntut untuk mengikuti tren-tren yang ada saat ini. Salah satunya adalah melalui teknologi e-wallet. Apa itu e-wallet? Secara garis besar, e-wallet adalah dompet digital yang berfungsi sebagai alat transaksi terintegrasi. Untuk selengkapnya, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Ewallet

Apa itu E-wallet?

E-wallet adalah aplikasi transaksi keuangan yang dapat digunakan di perangkat mobile dengan internet sebagai perantara. E-wallet merupakan dompet digital yang memiliki beberapa kegunaan, antara lain untuk transaksi online, membayar tagihan, membeli pulsa, paket data internet, TV kabel, hingga investasi. Dompet digital juga bisa digunakan untuk menyimpan uang untuk kemudian di transfer ke rekening bank atau tarik tunai. E-wallet dapat menyimpan riwayat transaksi keluar dan masuk menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Menggunakan E-wallet

Sistem transaksi e-wallet sebenarnya sangatlah sederhana. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran cukup dengan menggunakan akun yang telah dilakukan top up atau pengisian saldo.

E-Wallet juga memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk melakukan pembayaran online secara nyaman dan aman. Pasalnya, kamu bisa menerima sekaligus mengirim uang cukup dengan mencantumkan nomor telepon yang dituju. Biasanya akun e-wallet adalah nomor telepon yang didaftarkan oleh pengguna.

Contoh E-wallet

Beberapa contoh e-wallet di bawah ini cukup populer di Indonesia dan pastinya tidak asing lagi bagi kamu.

DANA

Contoh e-wallet yang pertama adalah DANA. Rilis pada tahun 2018, DANA merupakan aplikasi e-wallet yang tercipta berkat kerjasama antara Emtek Group dengan Ant Financial. Selain menawarkan banyak kemudahan, DANA juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi mulai dari pembelian barang di marketplace hingga deposit rupiah di Pintu yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk berinvestasi dan trading kripto.

GoPay

Seperti yang telah kamu ketahui, GoPay merupakan salah satu e-wallet yang tersedia dalam aplikasi GoJek. Selain digunakan sebagai fitur pembayaran untuk berbagai layanan di aplikasi GoJek, GoPay juga bisa digunakan di berbagai online marketplace maupun metode pembayaran digital di gerai-gerai offline yang bekerjasama dengannya.

LinkAja

Pada tahun 2019 lalu, aplikasi LinkAja menduduki peringkat empat sebagai penyedia layanan e-wallet dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Perlu diketahui pula, bahwa LinkAja merupakan salah satu e-wallet hasil merger beberapa perusahaan BUMN seperti Unikqu, T-Bank, T-Cash, T-Money, dan Mandiri e-cash.

OVO

Meski data yang dihimpun iPrice menunjukkan, bahwa OVO tengah mengalami penurunan pengguna di tahun 2018, nyatanya di tahun 2019 OVO kembali menduduki peringkat kedua.
Hal ini tidak mengherankan jika mengingat OVO telah bekerja sama dengan berbagai merchant yang menawarkan promo cashback menarik bagi para penggunanya.

Manfaat E-Wallet Bagi Pelaku Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan e-wallet bagi pelaku bisnis!

Transaksi Lebih Cepat Dan Praktis

Dengan e-wallet, transaksi pembayaran yang dilakukan pelanggan jadi lebih cepat dan aman. Karena pembayaran dilakukan secara digital, pelanggan tidak perlu menyiapkan uang tunai dan kamu tidak perlu memikirkan uang kembalian. Hal ini membuat transaksi berjalan lebih praktis dan tidak menyebabkan antrian panjang.

Penyimpanan Uang Yang Aman

E-wallet juga dapat digunakan untuk menyimpan uang. Jika transaksi harian dari pelanggan masuk ke dalam e-wallet, kamu bisa mentransfer uang tersebut ke rekening bank atau ditarik tunai untuk penggunaan lainnya atau disimpan di tempat lainnya.

Jika kamu berniat menjadikan e-wallet sebagai tempat menyimpan uang, maka pastikan kamu menjaga kerahasiaan akun tersebut. Jangan membagikan password atau kode OTP kepada orang lain ya.

Menawarkan Banyak Promo

Penyedia aplikasi e-wallet sering menawarkan promo menarik bagi pelanggan yang melakukan pembayaran dengan e-wallet tersebut. Misalnya, tiket bioskop hanya Rp 5.000 apabila membayar dengan Jenius, atau cukup bayar Rp 1 dengan ShopeePay, dan promo lain seperti diskon ongkos kirim, cashback, atau potongan harga.

Promo-promo menarik ini, selain menguntungkan pengguna juga menguntungkan pengusaha untuk meningkatkan penjualan mereka. Dengan adanya promo, pelanggan tentu lebih tertarik untuk melakukan pembelian dan pembayaran menggunakan e-wallet tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan E-Wallet

Berikut kami rangkumkan beberapa kelebihan dan kelemahan menggunakan e-wallet untuk bertransaksi:

Kelebihan E-Wallet

Melihat banyaknya kegiatan transaksi yang bisa dilakukan dengan dompet digital, sudah pasti layanan ini membawa banyak manfaat dan kemudahan bagi Anda.

Berikut ini beberapa manfaat e-wallet yang bisa Anda nikmati:

  • Transaksi Lebih Cepat dan Tepat. Berbeda dengan transaksi nontunai, segala transaksi melalui dompet digital bekerja secara otomatis. Contohnya, Anda dapat melakukan transaksi in app ataupun offline hanya dengan scan barcode. Begitu pula dengan verifikasi transaksi, jika terdapat kesalahan input data atau nominal, maka sistem ewallet akan otomatis mengenalinya.
  • Meminimalisasi Risiko Uang Palsu. Adanya uang palsu masih menjadi ancaman bagi transaksi konvensional. Nah, manfaat e-wallet adalah bisa meminimalisasi risiko tersebut karena kemampuannya dalam memproses uang digital tanpa perlu mengkhawatirkan keaslian uang.
  • Keamanan Transaksi Terjamin. Layanan elektronik seperti dompet digital memiliki teknologi enkripsi, yang artinya data-data Anda sudah pasti aman dari bahaya cyber crime.
  • Semua Transaksi Tercatat dengan Baik. Anda akan selalu mendapatkan catatan transaksi dengan lengkap, mulai dari waktu, nominal, tujuan pembayaran, dan lainnya. Jadi, Anda dapat melihat detail laporan transaksi secara jelas.
  • Terintegrasi dengan Banyak Lembaga. Selain untuk keperluan berbelanja, e-wallet juga mendukung pembayaran untuk banyak lembaga, seperti PDAM dan PLN secara terintegrasi.
Download Aplikasi GALERIPAY