5 Aplikasi Bayar Listrik Murah Dan Cepat

tagihan-pln-online

Listrik adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada saat ini bukan hanya digunakan untuk kebutuhan penerangan tetapi banyak keperluan lain. Mulai dari perumahan, perkantoran dan fasilitas umum. Aplikasi bayar listrik saat ini sudah banyak tersedia. Sehingga akan memudahkan kamu untuk membayar tagihannya.

Baik listrik prabayar maupun pascabayar dapat memanfaatkan aplikasi yang ada. Dengan adanya promo atau diskon dapat membuat kita lebih hemat. Selain itu kita dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja.

5 Aplikasi Bayar Listrik Murah

Dengan perkembangan jaman dan teknologi yang sangat pesat menjadikan berbagai peluang dalam bisnis online juga semakin banyak. Begitu juga dengan banyaknya bermunculan aplikasi yang dapat digunakan untuk membayar listrik. Berikut ini 4 aplikasi yang dapat kamu gunakan, yaitu:

1. Aplikasi PLN mobile

Aplikasi pertama yang dapat kamu gunakan adalah aplikasi PLN mobile. Kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur yang terdapat didalamnya. Mulai dari pemasangan baru, menaikan daya, layanan internet, perbaikan, mencari lokasi SPKLU dan membayar tagihan listrik.

2. Aplikasi E-wallet

E-wallet atau dompet digital dapat kamu gunakan baik membayar tagihan atau membeli token listrik. Ada banyak aplikasi e-wallet yang tersedia saat ini. Seperti OVO, Dana, Flip, Link Aja, Go Pay dan banyak lagi. Selain mudah digunakan, terdapat banyak promo atau diskon yang dapat kamu gunakan untuk lebih menghemat pengeluaran.

3. Aplikasi Mobile banking

Aplikasi bayar listrik selanjutnya adalah Mobile banking. Selain dipergunakan oleh nasabah untuk transfer uang juga dapat digunakan untuk membayar tagihan atau token listrik. Cara membayar yang mudah dapat menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu cara yang efisien. 

4. Aplikasi E-commerce

Aplikasi ke empat yang dapat digunakan bayar listrik online adalah aplikasi e-commerce. Kamu bukan hanya dapat berbelanja atau menjual barang, tetapi juga dapat digunakan untuk bayar listrik. Aplikasi E-commerce yang populer saat ini antara lain Shopee, Lazada, Tokopedia, BukaLapak dan banyak lagi. 

5. Aplikasi top up atau pembayaran

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi untuk berbagai pembayaran. Bukan hanya untuk kebutuhan listrik saja, namun juga berbagai pembayaran yang lain. Mulai dari pulsa dan paket data, voucher game, pembayaran tagihan asuransi, internet, air PDAM dan banyak produk lainnya. Buat kamu yang ingin mendapatkan penghasil tambahan dapat menggunakannya sebagai partner. Kamu dapat membuka usaha seperti kounter pulsa dan agen berbagai pembayaran dengan keuntungan yang menjanjikan. Salah satu aplikasi yang dapat menjadi rekomendasi terbaik adalah Galeri Pay.

Kamu dapat memilih salah satu jenis aplikasi yang menurutmu mudah serta memberikan banyak keuntungan. 

Jenis-jenis Pelayanan Listrik di Indonesia

Setelah mengetahui berbagai aplikasi bayar listrik murah dan aman menggunakan ponsel. berikutnya kita akan bahas mengenai jenis pelayanan listrik yang ada di Indonesia. Kita sudah menyinggungnya sedikit diawal bahwa sistem pelayanannya terdapat dua pilihan, yaitu:

Pascabayar 

Sistem yang pertama adalah pascabayar. Pelayanan ini menerapkan sistem menggunakan terlabih dahulu kemudian ada tagihan penggunaan akhir bulannya. Kelebihan menggunakan sistem ini antara lain:

  • Layanan listrik unlimited. Dengan pelayanan yang tanpa batas tentunya kamu tidak perlu takut listrik padam tiba-tiba jika tidak ada gangguan. 
  • Tidak perlu repot melakukan isi ulang. Selama kamu melakukan pembayaran tagihan listrik secara teratur, layanan listrik tidak akan diputus atau dipadamkan secara tiba-tiba. Dan tidak perlu melakukan isi ulang token listrik, hanya menunggu tagihan datang akhir bulan.
  • Panel meteran kWh lebih tahan lama. Dengan pelayanan pascabayar panel meteran tidak akan sering disentuh atau ditekan untuk memasukkan kode token listrik. Dengan begitu akan lebih awet dan tahan lama.

Prabayar

Layanan yang selanjutnya adalah listrik prabayar. Sistemnya yaitu kamu membeli token listrik terlebih dahulu kemudian masukkan 20 digit kode pada meter kWh dan layanan listrik siap digunakan. Mungkin terdengar agak ribet namun layanan ini memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  • Lebih dapat mengatur penggunaan listrik. Dengan sistem pembayaran diawal dan baru mendapatkan layanan sesuai dengan jumlah yang dibayarkan. Tentunya membuat kita lebih bisa mengontrol penggunaan listrik agar tidak terlalu boros. Nominal yang dapat kamu beli yaitu minimal Rp 20.000,- hingga Rp 1.000.000,-. 
  • Kebutuhan token mudah didapatkan. Kamu dapat menggunakan salah aplikasi bayar listrik untuk membeli token sesuai kebutuhanmu. 
  • Tidak menanggung tagihan pembayaran setiap bulan. Dengan sistem pembayaran sebelumnya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan akan menjauhkan kita dari tagihan setiap bulan. 
  • Tidak ada denda jika terjadi keterlambatan. Ketika token habis maka layanan listrik akan otomatis terputus. Dan tidak dikenakan denda jika terlambat melakukan isi ulang.

Itulah dua jenis pelayanan listrik yang ada saat ini. Dan tentunya semua memiliki kelebihannya masing-masing. Baik listrik prabayar maupun pascabayar semua dapat dibayar menggunakan aplikasi bayar listrik online. 

Download Aplikasi GMP Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?